Harapan Imam An-Nawawi Ketika Menyusun Arba'insteemCreated with Sketch.

in steemit •  2 years ago 


Image Source

Aku (an-nawawi )memohon petunjuk kepada Allah dalam menyusun empat puluh hadits ini mengikuti para imam dan alim dan para ahli hadits.Para ulama telah sepakat tentang dibolehkannya memakai hadits dha'if dalam hal keutamaan suatu perbuatan. Sekalipun demikian,

pegangan saya bukanlah pada pendapat ini, tetapi pada sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dalam hadits shahih

ليبلغ الشاهد منكم الغائب

"Orang yang hadir (mendengar pengajian) sebaiknya menyam- paikan kepada orang-orang yang tidak hadir).

Beliau juga bersabda:

نضر الله امرأ سمع مقالتي فوعاها فأداها كما سمعها

"Semoga Allah melimpahkan kenikmatan kepada orang yang mendengar kata-kata dariku lalu ia menghafalnya, kemudia ia menyampaikannya kepada orang lain sebagaimana yang didengarnya,"

Sebagian ulama ada yang menyusun empat puluh hadist tentang masalah ushul (pokok-pokok agama), ada pula masalah furu' (cabang-cabang), dan masalah jihad. Sebagain yang lain a yang menyusun tentang masalah zuhud, adab (sopan santun),dan masalah nasehat, Semua itu bertujuan pada kebaikan. Semoga Allah meridhai perbuatan mereka.

Saya sendiri bermaksud menyusun empat puluh hadist yang mencakup semua hal di atas. Setiap hadits merupakan landasan agama yang penting dan oleh para ulama dipandang sebagai inti ajaran Islam, Ada juga yang menyebutnya setengah ajaran agama, sepertiga ajaran agama, dan sebagainya.


Saya juga sudah mengupayakan ke-empat puluh hadits ini semuanya shahih dan sebagian besar termuat dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim. Saya tidak menyebutkan sanad-sanadnya agar mudah dihafalkan dan dipahami isinya, in sya Allah. Saya juga melengkapinya dengan satu bahasan untuk menguraikan kata-kata yang belum jelas.


Selayaknya setiap orang yang menginginkan kehidupan akhirat memahami hadits-hadits ini, karena didalamnya terkandung banyak hal-hal penting serta peringatan dalam berbagai macam ibadah. Hal ini akan semakin jelas jika dibahas lebih lanjut. Hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala saya berharap dan hanya kepada-Nya pula saya berlindung dan berserah diri. Segala Puji dan Nikmat adalah kepunyaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan pada-Nya kami memohon taufiq dan perlindungan.



Posted from my blog with SteemPress : https://rhampagoe.000webhostapp.com/2019/08/harapan-imam-an-nawawi-ketika-menyusun-arbain
Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!