Pengganti Azan pada Shalat SunnahsteemCreated with Sketch.

in steemit •  2 years ago 


Image Source

Untuk jama'ah shalat sunah yang akan dilaksanakan seperti shalat hari raya,tarawih,witir yang terpisah dengan shalat tarawih dalam bulan ramadhan dan shalat gerhana diserukan dengan mengucapkan الصلاة جامعة (Asshalatu Jami'ah) boleh juga الصلاة الصلاة (Asshalatu Asshalatu) boleh juga هلموا إلى الصلاة (Halummu ilasshalah) makruh menurut Ibnu Hajar dengan حي على الصلاة (hayya 'ala sshalah).namun menurut Muhammad Ramli tidak makruh demikian.

Seruan ini segogyanya dilakukan dua kali untuk mengantikan azan dan iqamah,yaitu ketika masuk waktu satu kali dan yang kedua pada sa'at mulai melaksanakan jama'ah.namun menurut yang muktamad hanya dilakukan sekali sebagai pengganti iqamah saja,ini sebagaimana yang tersirat dalam kitab Al-azkar imam An-nawawi.

Adapaun shalat sunnah yang tidak dianjurkan berjama'ah dan yang dilakukan tidak secara berjama'ah maka tidak sunnah diseru dengan ucapan diatas.juga tidak sunnah diseru yaitu selain shalat sunnah seperti shalat yang dinazarkan dan shalat jenazah.



Posted from my blog with SteemPress : https://rhampagoe.000webhostapp.com/2019/07/pengganti-azan-pada-shalat-sunnah
Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Sumbernya di kitab apa ni ustadz ?? Makasih informasinya

Posted using Partiko Android

Sumber I'anatutthalibin, makasih juga udah kunjung,saya sudah pasang 90% autoupvote kepada anda untuk 1 post dalam sehari. 😊

Terimakasih ustadz. :)

Posted using Partiko Android

Jangan lupa saling pasang auto,biar ga ketinggalan 😁