Syarat Azan dan IqamahsteemCreated with Sketch.

in steemit •  2 years ago 


Image Source

Sebagaimana ibadah yang lainnya yang memiliki syarat tertentu untuk kesahannya,begitu pula azan dan iqamah yang memiliki syarat tersendiri juga,Berikut syarat-syarat azan dan iqamah

Tertib

Maksudnya adalah tertib seperti urutan azan dan iqamah yang sering kita dengar,jika seseorang membolak balik urutan azan maka tidak sah,meskipun karena lupa.

Mualat

Mualat adalah beriringan yang masing-masing kalimah azan tidak lama berselang.Meskipun demikian tidak mengapa bila sedikit berbicara atau diam walaupun sengaja. Jika mu'azzin bersin tetap sunnah mentahmid (mengucapkan Al-hamdulillah) secara sir (suara kecil),dan bila ada yang memberi salam kepadanya atau ada yang bersin maka dijawab pada sa'at azan sudah selesai.

Jahr

Jahr adalah azan dengan suara yang keras,jika memang azan dan iqamah itu untuk shalat berjama'ah,jika azan atau iqamah untuk shalat sendirian maka cukup untuk terdengar oleh diri sendiri saja.

Masuk waktu

Untuk selain azan subuh,azan subuh yang pertama memang belum masuk waktu karena bertujuan untuk memberitau terlebih dahulu.



Posted from my blog with SteemPress : https://rhampagoe.000webhostapp.com/2019/07/syarat-azan-dan-iqamah
Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!